Selasa, 23 Oktober 2018

Bersama Santri Damailah Negeri

HARI SANTRI NASIONAL




"Santri" adalah panggilan seseorang yang sedang menimba ilmu di pesantren. Jumlah santri biasanya menjadi tolak ukur sejauh mana pesantren itu telah berkembang.

Pada tanggal 22 Oktober adalah ''HARI SANTRI NASIONAL" seluruh santri di Indonesia merayakannya dengan penuh bangga dan rasa antusias seperti halnya pada saat merayakan "HARI KEMERDEKAAN RI", karena pada tanggal 22 Oktober 1945 memiliki catatan sejarah, ternyata pada saat itu terdapat peristiwa berdarah ketika bangsa Indonesia berjuang mempertahankan kemerdekaannya.


Peristiwa tersebut adalah deklarasi Resolusi Jihad yang dilakukan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari dimana pada hari itu beliau menyerukan kepada para santrinya untuk ikut berjuang mencegah tentara Belanda kembali menguasai Indonesia melalui Netherlands Indies Civil Administration (NICA).

Beliau menyerukan pula kepada santrinya bahwa perjuangan membela tanah air itu kewajiban bagi para muslim. Resolusi Jihad yang dideklarasikan KH. Hasyim Asy'ari ini seolah mengingatkan kita mengenai peranan santri dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Santri yang kerap dikenal berkutat seputar agama, ternyata mau ikut berjuang bersama pejuang tanah air.

Pada saat merayakan Hari Santri Nasional tersebut, seluruh santri juga menyanyikan lagu Ya Lalwathon yang diciptakan KH. Wahab Hasbullah


يَا لَلْوَطَن يَا لَلْوَطَن يَا لَلْوَطَن
حُبُّ الْوَطَن مِنَ الْإِيْمَان
وَلَا تَكُنْ مِنَ الْحِرْمَان
اِنْهَضُوْا أَهْلَ الْوَطَن
إِنْدُونَيْسيَا بِيْلَادِيْ
أَنْتَ عُنْوَانُ الْفَخَامَا
كُلُّ مَنْ يَأْتِيْكَ يَوْمَا
طَامِحًا يَلْقَ حِمَامَا

“Pusaka hati wahai tanah airku
Cintamu dalam imanku
Jangan halangkan nasibmu
Bangkitlah, hai bangsaku!
Indonesia negriku
Engkau Panji Martabatku
S’yapa datang mengancammu
‘Kan binasa dibawah dulimu!”

Para santri menyanyikan lagu tersebut dengan semangat seperti semangat para santri dahulu yang turut mempertahankan kemerdekaan Indonesia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Terkadang kita diuji bukan untuk menunjukkan kelemahan kita, tetapi untuk menemukan kekuatan kita."

Facebook

Wawancara Pengusaha Muda Sukses Peternak Unggas Bebek

  Narasumber     : M. Naufal Nafis Alamat               : Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo Naufal Nafis ialah pet...

Post Top Ad

LightBlog

Cari Blog Ini

Post Top Ad

Your Ad Spot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Author Details

??? ??? ??? ?????? ?? ??? ????? ????? ??? ??????? ????? ?????? ????? ?????ً،??? ???? ???? ?????? ?? ???? ??? ?????? ???? ????? ?? ?? ???? ?? ????? ?? ???????? ???? ????? ??? ??????? ????? ???? ?? ????، ??? ???? ???? ?? ??? ?????? ??? ?? ????? ??? ????? ??? ???? ????? ?? ?????، ??? ????، ??? ????، ?? ??? ??? ?????. ???? ????? ???ً ?????ً ??????ً.

Ad Home

BANNER 728X90

Random Posts

Social Share

Recent comments

Music

Subscribe for New Post Notifications

Send Quick Message

Nama

Email *

Pesan *

Text

Ad Banner

Popular Posts

Most Popular

FEATURED POSTS